Minggu, 24 Mei 2015

Nilai - NIlai Kebudiluhuran

               Kalian sudah mengerti kan apa itu Budi Luhur, arti dari Filosofi Cerdas Berbudi Luhur. Dan sekarang Natural akan memosting apa aja sih yang harus kita lakukan agar kita menjadi manusia yang berbudi luhur. Semua itu dinamakan Nilai - Nilai Kebudiluhuran guys!! kita disini akan mengulas satu persatu dan memberikan contoh dari masing - masing nilai tersebut.

1. Sabar Mensyukuri merupakan menahan diri atau menerima, yang berarti tidak ada upaya untuk mengelak dengan perasaan senang saat menerima anugerah, baik berupa kesenangan atau kesedihan dengan dasar bahwa segala sesuatu yang baik atau buruk merupakan buah dari perbuatan yang sudah kita lakukan.















Contohnya adalah kita pada saat ada masalah tidak marah, tidak mudah putus asa. Syukuri apa saja yang kita terima dan terus berusaha. Berserah dan mendekatkan diri kepada Tuhan.



2. Cinta Kasih merupakan perasaan suka yang  mendalam yang diwujudkan secara nyata dalam bentuk kepedulian terhadap sesama manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan atau alam sekitarnya. 





   

Contohnya cintah kasih kesesama makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. 


3. Suka Menolong merupakan tindakan untuk meringankan beban atau penderitaan orang lain, tidak terbatas pada pemberian materi atau benda saja, tetapi bisa juga sesuatu yang nonmateril. Suka menolong bukan berarti asal menolong, namun pertolongan tersebut haris menimbulkan rasa senang bagi orang yang ditolong ataupun yang menolong.




















Contohnya adalah membantu nenek yang kesulitan menyebrang jalan. Kemudian memberikan sedikit rezeki kita pada orang yang membutuhkan.




4. Jujur  merupakan sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya, tidak ditambahi atau dikurangi, sesuai dengan fakta dan obyektif sehingga dapat dipercaya semua ucapannya.













Contohnya mengembalikan barang orang lain yang bukan milik kita, tidak melakukan kecurangan saat ujian, berkata sesuai dengan yang terjadi tidak mengada-ngada.



5. Tanggung Jawab  merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja atau tidak disengaja. 
Contohnya sebagai pelajar kita harus bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dan kita harus mengerjakannya dengan semangat kakaaaaak!!














6. Rendah Hati merupakan sifat pribadi seseorang yang dapat memposisikan sama antara dirinya dengan orang lain, merasa tidak lebih pintar, baik, mahir, serta tidak merasa lebih tinggi atau mulia dan juga dapat menghargai orang lain. 
Contohnya adalah pada saat berdiskusi kelompok, kita harus sama - sama dapat menerima dan menghargai saran atau pendapat dari orang lain.




7. Toleransi merupakan suatu sikap atau perilaku seseorang menerima pihak lain dan menghargai perbedaan atau tindakan orang lain. Toleransi dapat dilihat dari berbagai aspek, selama itu tidak melanggar unsur SARA sikap toleransi sangat dibutuhkan. Contohnya adalah toleransi antar agama, perbedaan fisik, kemampuan atau keahlian dibidang tertentu dan lain-lain.




8. Kerja Sama  merupakan kegiatan yang dilakukan dengan orang lain, dengan cara menyatukan kekuatan untuk mencapai satu tujuan yang diinginkan bersama. Contohnya seperti kerja kelompok atau diskusi (brainstorming).



9. Sopan Santun merupakan perbuatan atau tingkah laku seseorang yang baik dalam pergaulan antar manusia yang beradab sesuai dengan tata krama atau adat istiadat setempat. Contohnya adalah dari gaya bahasa yang kita lakukan seperti berbicara yang sopan kepada orang tua ataupun orang yang dituakan. Sopan santun juga merupakan sikap diri yang dinilai oleh orang lain dimana nilai tersebut akan membetuk citra diri yang baik dan berbudi luhur tentunya...




Nah, itu dia nilai - nilai kebudiluhuran yang harus banget kita tanamkan pada diri kita. Kalian masih mau gitu - gitu aja? Yuk sekarang kita ubah sikap kita karena dengan menjadi manusia berbudiluhur kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan kebahagian dalam hidup kita. Terimakasih sudah menyempatkan waktu luang kalian untuk membaca postingan kitaaaa..







4 komentar:

  1. salut banget ngeliat blog ini, ternyata masih ada anak muda yang peduli sama sekitarnya. yang kebanyakan anak muda jaman sekrang tuh lebih perduli sama fashion, dah hal2 gaul anak jaman lainnya. semoga ini bisa jadi inspirasi buat anak2 muda lainnya. tetap perthankan, karena memulai tidak semudah mempertahankan

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr.wb..
    Saya sangat terkesan dengan artikel pd blog ini, karena dalam postingan saudara natural ini saya menjadi mengerti sikap mental kita yang sebaiknya kita lakukan dalam kehidupan kita..

    Penanaman nilai ini sangat membantu kita semua untuk menjadikan pedoman utama dalam perilaku kita, mengingat saat ini banyak sekali yang melakukan tindakan melanggar norma asusila..

    Berkaitan dengan status saya sebagai pengajar,, saya mohon izin kpd natural untuk menjadikan artikel ini sebagai materi yang saya ingin bagikan kepada anak didik saya..

    Terimakasih, semoga apa yang dilakukan natural selalu membawa keberkahan dan kebahagiaan.

    Siti Nurasiah
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. MGM to close Las Vegas casino resort - JT Hub
    The 순천 출장샵 MGM 군포 출장안마 Resorts International property in Las Vegas will 거제 출장안마 close by June 30, the company announced 오산 출장마사지 Thursday. The MGM 충주 출장샵 Resorts announced Thursday that it has

    BalasHapus