Minggu, 24 Mei 2015

Filosifi Cerdas Berbudi Luhur

          Pada postingan sebelumnya, Natural telah mengulas mengenai Budi Luhur kaann? mungkin masih sangat janggal bila hanya mendengar kata budi luhur. Nah, sekarang Natural akan memosting artikel mengenai "FIlosofi Cerdas Berbudi Luhur", #HappyReading yaa!!


          Cerdas yaitu sikap yang mampu menggunakan akal untuk menciptakan hal – hal yang bermanfaat untuk kehidupan. Berbudi luhur yaitu sikap yang selalu berbuat baik dan mulia untuk hal – hal yang bermanfaat dan tidak merugikan orang lain.

          Drs. Djaetun. HS mengatakan, “Cerdas berbudi luhur adalah dua hal yang tak terpisahkan, kecerdasan tanpa dilandasi budi luhur akan cenderung digunakan untuk membodohi dan melecehkan orang lain. Begitupun sebaliknya, budi luhur tanpa diimbangi dengan kecerdasan akan dijadikan sasaran kejahatan dan penindasan orang lain”.

          Kecerdasan ialah karunia yang diberikan oleh Tuhan pada semua ciptaan-Nya. Kecerdasan yang dimiliki setiap orang tentunya berbeda, tergantung bagaiman kita mengasah kemampuan yang kita miliki sesuai karunia-Nya.

          Berbudi luhur ialah akal yang dimiliki oleh seseorang dan bagaimana orang tersebut memilih akal yang baik atau buruk untuk dirinya. Sikap berbudi luhur bergantung pada kemauan diri sendiri (hati nurani) bukan pengaruh dari faktor eksternal.


          Kemudian, terwujudlah manusia berbudi luhur, dimana seseorang yang ideal dengan memiliki ciri – ciri seperti berperilaku, bertutur kata dan mencerminkap perilaku yang terpuji.

0 komentar:

Posting Komentar